Sunday, September 2, 2007

Wisata & Muslim China

Perkembangan Islam di China terus berlangsung dan hingga kini sudah terdapat 9 Institut Agama Islam serta Asosiasi-Asosiasi Islam yang didirikan untuk mendidik para imam.
Misi-misi Islami dan donasi di dalam pendidikan dan keagamaan seperti pembangunan madrasah, pesantren, penampungan yatim piatu, mendirikan masjid, penerbitan buku-buku Islam, Hadist dan Al Qur'an terus di kembangkan oleh rakyat muslim China.
Komunitas muslim di China yang berjumlah 20 juta jiwa tersebar di seluruh daratan diantara 10 besar suku minoritas yang ada di China.
Saat ini di China terdapat 34.000 masjid dan 17.000 masjid diantaranya berada di propinsi Xin Jiang, yang merupakan propinsi terluas di China dari 31 propinsi yang ada saat ini.
Dan uniknya, propinsi terluar dari China ini berbatasan dengan banyak negara seperti Mongolia, Kazakhstan, Kirghizstan, Uzbekistan, Tadzhikistan, Afghanistan, Pakistan dan India.
Urumqi sebagai ibu kota Xin Jiang adalah pintu gerbang China menuju Timur Tengah dan Eropa yang dulunya dikenal sebagai Jalur Sutera, karena itu Propinsi Xin Jiang sebagai Daerah Istimewa dengan penduduk yang mayoritas beragama Islam serta merupakan salah satu propinsi otonomi Islam yang ada di China.
Kebebasan beragama merupakan kebijaksanaan pemerintah China termasuk melindungi hak kaum minoritas untuk memeluk agama yang diinginkan, membangun tempat ibadah serta menjamin kebebasan untuk tetap mempertahanka agama, adat dan kebiasaannya tanpa tercampuri oleh pihak luar.
Propinsi ini sangat menarik untuk di kunjungi karena begitu banyak obyek wisata untuk muslim yang dapat di lihat serta indahnya pemandangan alam yang ada di sana.
seperti Danau Langit Tianchi yang sangat indah dengan warna kebiru-biruan serta pemandangan gunung salju yang putih undah di puncak Gunung Bodga, bahkan kita dapat naik cable car untuk menyaksikan keindahan ini.
danau ini merupakan objek wisata yang terindah di musim panas dan juga di jadikan gelanggang es di pegunungan pada musim dingin.
kita juga akan berkunjung ke keluarga muslim yang ada di sana untuk menikmati hidangan khas dan menyaksikan kesenian serta budaya muslim yang ada di Xin Jian.

No comments: